Trik Simple Mengindari Pertengkaran Rumah Tangga

Mengalami perselisihan dalam rumah tangga adalah hal biasa. Perselisihan yang terjadi bisa diibaratkan sebagai ‘bumbu’ dalam rumah tangga, jadi Anda tidak perlu risau akan hal itu. Pasang surut sebuah hubungan pasti akan terjadi dan pernah menimpa siapa saja, jadi hal itu wajar adanya.


pasangan, baik pria maupun wanita tidak ada yang menginginkan rumah tangganya ‘kacau’ karena sering berselisih paham. Jika Anda percaya kekuatan cinta Anda tidak akan pupus karena perselisihan yang masih bisa ditanggulangi dengan komunikasi, sepertinya hal itu akan berjalan baik-baik saja.

Potensi perselisihan kecil bisa merambat menjadi besar dan akhirnya mengancam Anda dan pasangan. Untuk menimimalis hal-hal yang menjadi ketakutan Anda dan pasangan, Anda perlu menyingkapi masalahnya satu per satu untuk mendapatkan titik temu yang baik untuk kedua belah pihak.. Berikut ini ada beberapa trik khusus untuk meminimalis masalah yang tengah menyerebak supaya keadaan berubah menjadi harmonis:

Bicara disaat yang tepat

Berselisih pada saat Anda atau pasangan sedang ‘panas’, tidak akan menyelesaikan masalah, bahkan akan semakin rumit karena kedua belah pihak diliputi emosi tinggi. Jadi ada baiknya Anda memilih waktu yang tepat, pada saat santai Anda bisa mengutarakan ketidaksukaan Anda pada pasangan. Atau memulainya dengan percakapan ringan dan sopan.

Melihat masalah dari dua sisi

Jangan pernah mementingkan ego pribadi. Menumpahkan kemarahan tidak sepenuhnya harus mengandalkan ego pribadi yang akhirnya dapat memperkeruh masalah. Melihat masalah harus dari sudut yang berbeda, tanyakan apa yang pasangan suka dan tidak suka dari perselisihan yang terjadi, begitu juga sebaliknya. Dari situ  niscaya permasalahan Anda akan teratasi dengan saling menghargai.

Tenangkan diri

Pada saat perselisahan makin memanas, tanangkan diri Anda. Biarkan pasangan Anda meluapkan kekesalannya, jangan langsung menimpalinya dengan emosi Anda, karena hal itu tidak akan menghasilkan penyelesaian. Setelah kekesalan pasangan sudah terluapkan dan dia sudah lebih baik, barulah Anda memulai pembicaraan, selesaikan dari hati ke hati dan kepala dingin. Sikap tenang akan membuat Anda dan pasangan saling memahami.

Tunjukan empati Anda

Dalam menghadapi masalah, acap kali perselisahan sulit dituntaskan karena ego masing-masing. Ada dua cara untuk menghindari perdebatan hebat itu, yaitu mengaku salah atau mengalah dan menunjukan rasa empati Anda. Turunkan ketegangan Anda, kurangi volume Anda ketika pertengkaran sudah mulai panas, percayalah cara ini efektif untuk menyelesaikan masalah. 

Hindari kata ‘Terserah’

Kata ‘terserah’ kadang suka jadi kata pamungkas untuk menggertak pasangan. Misalnya ‘Terserah kamu, aku sudah tidak perduli, atau terserah kamu mau percaya aku atau orang lain’. ‘Terserah’ bukanlah  penyelesaian yang bisa mengembalikan kondisi harmonis dalam keluarga, justu akan menimbulkan masalah baru.

Perselisihan jangan dibiarkan berlama-lama dalam rumah Anda, setelah berdamai dengan pasangan buatlah suasana nyaman. Saling memberi kecupan hangat dan bercanda akan memecahkan ketegangan yang ada. Yang terpenting saling memaafkan dan menghormati satu dengan yang lainnya.

/

www.unikunik.web.id | Copyright © 2012