Tips Menghindari Perceraian

Semua orang tentu tidak akan mau bila rumah tangganya terjadi perceraian, beriku beberapa tips untuk menghindari hal tersebut ^ ^.

  1. Pilih pasangan dengan cermat. Cara tercepat untuk bercerai adalah menikah dengan orang yang salah. Hal ini berarti anda sebaiknya berpikir secara matang sebelum menikah. Anda sebaiknya berusaha meyakinkan diri anda sendiri, pasangan anda dan keluarga agar semuanya saling cocok dan bisa beradaptasi. Berarti anda perlu waktu untuk memastikan pasangan anda melalui pikiran, bukan hati anda.
  2. Hindari kata "cerai" dari percakapan anda. Setiap anda memperkenalkan kata "cerai" dalam percakapan dan argumentasi, anda yakni akan selangkah lebih maju menuju perceraian. Apabila anda dan pasangan anda setuju bahwa perceraian bukan pilihan yang baik, maka anda harus lebih banyak berusaha menghadapi perbedaan pendapat.
  3. Memaafkan dan lupa. Orang akan berbuat kesalahan dalam pernikahan. Mereka akan menipu, berbohong dan saling menyakiti satu sama lain. Untungnya, biasanya lelaki lebih pemaaf dalam banyak kejadian. Tetapi melupakan adalah hal yang berbeda. jika anda terus menerus mengangkat masalah lama yang sebenarnya sudah dimaafkan, maka sesungguhnya anda belum benar-benar memaafkannya. Biarkan masa lalu menjadi masa lalu dan pandanglah masa depan anda bersama pasangan anda.
  4. Pilih teman seperjuangan anda. Ini penting untuk anda ingat bahwa ada pepatah "Kamu bisa menjadi benar, atau kamu bisa menjadi sendiri". Apabila anda bersedia menjadi orang yang salah dalam berargumentasi, mungkin pasangan anda akan lebih bersedia mendengarkan anda.
  5. Ingat salah satu pepatah, "Do unto others as you would have them do unto you." Hal ini berarti apabila anda menginginkan perhatian, maka anda pun harus memberikan perhatian. Apabila anda ingin dihormati, maka anda harus menghormati orang lain. Jika anda ingin dipercaya. anda harus menjadi orang yang dapat dipercaya. Tingkah laku pasangan dapat berubah apabila pasangan yang satunya lebih banya 'memberi'.
  6. Mencari bimbingan konseling bila diperlukan. Kadang-kadang konseling berguna untuk membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang sudah lama. Jangan hanya karena anda sudah menikah berarti masalah ketika masa kecil anda telah hilang. Anda mungkin masih perlu untuk menghadapinya.
/

www.unikunik.web.id | Copyright © 2012